foto-foto-pre-wedding-bromo
Prewedding di Gunung Bromo
April 30, 2019
harga-paket-foto-wedding-murah
Inspirasi Gaun Pengantin Berhijab
April 30, 2019
acara-siraman-pengantin

Wedding Adat Jawa Modern

Menikah adalah salah satu tahapan kehidupan yang banyak dinantikan oleh seseorang. Tentunya setiap orang menginginkan pernikahan sekali seumur hidup. Maka begitu sakralnya momen ini, membuat banyak orang sangat mempersiapkan dengan sangat matang. Salah satunya adalah jenis adat yang akan digunakan, seperti adat Jawa. Semakin majunya perkembangan zaman, pernikahan adat Jawa bergeser ke adat Jawa modern. Hal ini dinilai lebih simple dan tidak terlalu ribet. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam wedding adat Jawa modern.

1. Pengajian atau Kirim Doa
Sebelum digelar akad nikah dan resepsi, di rumah masing-masing pengantin akan digelar pengajian. Saat momen ini, akan terasa khidmat. Banyak lantunan ayat suci dan doa-doa untuk pengantin. Tentu saja, Anda bisa menggunakan vendor photo agar tetap bisa mengabadikan momen ini. Kirim doa digelar dua hari menjelang pernikahan. Karena memilih wedding adat Jawa modern, jadi momen ini tidak perlu terlalu berlebihan, yang penting khidmat.

acara-pengajian-wedding

2. Siraman
Siraman adalah prosesi penyucian. Pada tahap ini, para calon pengantin akan dimandikan oleh orangtua. Nah, momen seru ini pastinya harus diabadikan melalui vendor photo yang terpercaya. Selain sangat mengharukan, prosesi siraman juga akan menghadirkan luapan bahagia karena akan melangkah ke jenjang yang lebih dewasa. Orangtua akan segera melepaskan tanggung jawab kepada calonnya.

acara-siraman-pengantin
3. Midodareni
Setelah siraman, pengantin wanita akan masuk pada tahap midodareni. Kata midodareni sendiri artinya bidadari. Setelah prosesi siraman, pengantin wanita akan terpancar aura kecantikannya. Vendor wedding akan mengabadikan momen ini. Malam di mana esok hari wanita akan segera melepas masa lajang.

foto-foto-wedding-depok

4. Panggih
Pada prosesi ini, mempelai laki-laki datang ke pihak perempuan didampingi orangtua dan sepasang pembawa kembar mayang laki-laki dan perempuan.

paket-foto-candid-wedding

harga-foto-wedding-jakarta-murah

5. Balangan Suruh
Setelah panggih, kedua mempelai akan masuk tahap balangan suruh. Keduanya melempar daun sirih yang sudah diikat dengan benang. Hal ini dipercaya untuk mengusir hal-hal yang kurang baik. Nah momen ini jangan sampai tidak diabadikan. Anda dapat memilih vendor photo wedding Jakarta sebagai pengabadian momen tak terlupakan seumur hidup.

acara-adat-wedding-jawa

6. Sungekeman
Sungkeman artinya memohon maaf kepada orangtua. Momen ini sangatlah mengharukan karena kedua mempelai saling sungkem kepada orangtua yang telah membesarkan, merawat, dan mendidik. Kedua mempelai menghaturkan rasa terima kasih karena telah dibersamai dalam waktu yang lama. Anak akan segera bersama keluarga kecilnya. Beban orangtua akan beralih pada suami. Itulah mengapa momen ini harus diabadikan seapik mungkin. Untuk itu, pilih vendor wedding yang memberikan totalitas pelayanan prima untuk pernikahan Anda. Jangan sampai Anda menyesal karena hasil yang kurang maksimal.        Nah, itulah beberapa prosesi adat Jawa. Meski masih memakai adat, prosesi adat Jawa modern tidak serumit dan selengkap adat Jawa yang sesungguhnya.